Wednesday, November 24, 2010

Tekad Besar untuk Berhijrah karena Dimotivasi Mendapatkan Balasan Syurga





“Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rizki yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An-Nisaa’: 100).

Ketika seseorang memutuskan untuk berhijrah, maka yang pertama sekali yang wajib ditata adalah niatnya. Niat yang bersemayam di dalam hati dan pikiran manusia bisa bermacam-macam, di antaranya, mengharapkan harta kekayaan, jalannya rizki yang lebih banyak, dan lain-lain. Beberapa niat yang bersifat duniawi adalah wajar, tetapi hal itu tidaklah cukup. Kekuatan badan (tenaga) maupun mental dalam berhijrah di tempat yang baru, yang mungkin masih asing, bisa sangat besar hanya kalau dilandasi dengan niat untuk berhijrah menuju kepada Allah dan Rasul-Nya. Dengan niat tersebut seseorang bisa berharap pertolongan Allah dengan keyakinan yang kuat. Dengan kata lain, berhijrah menuju Allah dan Rasul-Nya merupakan tujuannya, dan rizki yang akan dibukakan Allah akan mengikutinya.

Hijrah seperti itulah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, yaitu berhijrah kepada Allah. Sesungguhnya, di dalam hijrah terkandung makna usaha dan tawakkal. Dimensi usahanya terletak pada tenaga dan pikiran yang dicurahkan untuk memulai sesuatu yang baru. Di dalamnya terbuka berbagai macam kemungkinan yang di antara kemungkinan-kemungkinan itu belum bisa diperkirakan hasilnya. Dan dengan tawakkal kepada Allah, maka seseorang mempunyai keyakinan yang teguh bahwa Allah pasti akan menolongnya. Jika sekiranya kematian menjemput mereka sebelum sampai kepada tujuannya, maka Allah telah menjanjikan pahala yang tetap. Dan di ayat yang lain Allah juga akan memberikan kepada mereka rizki yang baik (syurga), seperti yang disebutkan dalam QS. Al-Hajj: 58).

“Dan orang-orang yang berhijrah di jalan Allah, kemudian mereka dibunuh atau mati, benar-benar Allah akan memberikan kepada mereka rezki yang baik (syurga). Dan sesungguhnya Allah adalah sebaik-baik pemberi rezki.” (QS. Al-Hajj: 58).

“Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Tuhanku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?” (QS. Al-Munaafiquun: 10).

“Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Munaafiquun: 11)






Title: Tekad Besar untuk Berhijrah karena Dimotivasi Mendapatkan Balasan Syurga; Written by AMH; Rating Blog: 5 From 5

No comments:

Post a Comment