Thursday, December 16, 2010

Ujian Allah sebagai Ungkapan Cinta Allah kepada Hamba


Salah-satu cara Allah menunjukkan cintanya kepada hamba-Nya yaitu dengan cara memberikan ujian-ujian kepada hamba-Nya tersebut; ada kalanya ujian itu berupa kekurangan dalam harta, kerugian dalam berbisnis, meninggalnya anak yang sangat disayanginya, dan lain-lain sebab yang membuat hamba tersebut bersedih atau dalam suasana berduka-cita. Sesungguhnya, jika Allah memberikan ujian-ujian tersebut Allah berkehendak memelihara hamba tersebut agar tidak terjatuh kepada cinta berlebih-lebihan kepada apa yang disenanginya di dunia dan lebih mencintai Allah di atas segala apa yang dimiliki.

Seandainya pun dalam berbisnis seseorang tidak beruntung atau bahkan mengalami kerugian di suatu masa, boleh jadi Allah sedang mengujinya dengan maksud mencintai hamba tersebut, dan di masa berikutnya Allah mencurahkan karunianya, rizki yang banyak sebagai balasan Allah kepada hamba tersebut atas kesabarannya pada ujian sebelumnya. Allah SWT berfirman dalam QS. Ar-Ra’d: 26 sebagai berikut:

“Allah meluaskan rzki dan menyempitkannya bagi siapa yang Dia kehendaki. Mereka bergembira dengan kehidupan di dunia, padahal kehidupan dunia itu (dibanding dengan) kehidupan akhirat, hanyalah kesenangan (yang sedikit).”(QS. Ar-Ra’d: 26).






Title: Ujian Allah sebagai Ungkapan Cinta Allah kepada Hamba; Written by AMH; Rating Blog: 5 From 5

No comments:

Post a Comment