Tuesday, November 23, 2010

Bersabar dalam Menunggu Ketetapan Allah





Jika Allah tidak menurunkan rizki-Nya bukan berarti Allah tidak akan menurunkan rizki-Nya, ketika seseorang sudah berusaha dengan sungguh-sungguh secara profesional. Hal itu disebabkan, bahwa boleh jadi belum saatnya Allah menurunkan rizki-Nya atau masih menunggu waktu. Dengan kata lain, jika sudah waktunya maka rizki tersebut akan diberikan Allah kepada mereka. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengingat firman Allah yang memerintahkan untuk selalu menunggu ketetapan dari Allah SWT, sebagai berikut:

“Maka bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu…(QS. 52:48).

Di dalam kehidupan ini manusia mempunyai rencana, dan untuk mewujudkannya mereka melakukan berbagai macam usaha yang diperkirakan akan memperoleh hasil dalam waktu dekat sesuai dengan rencana tersebut. Tetapi terkadang hasil yang diharapkan tak kunjung datang. Dalam hal inilah Allah mengingatkan untuk bersabar menunggu realisasi hasilnya, sesuai dengan ketetapan-Nya dalam waktu yang dijanjikan. Jika seseorang sudah istiqamah dan tawakkal kepada Allah dalam mengusahakan sesuatu maka suatu saat Allah akan menurunkan rahmat dan rizki-Nya sesuai yang diminta. Tentu saja usaha-usaha tersebut harus dilakukan secara profesional, dengan memaksimalkan semua potensi yang ada pada diri serta memiliki keyakinan dalam setiap do’anya bahwa Dia akan mengabulkan apa yang dimohonkan, tinggal menunggu waktu yang tepat.

Allah SWT yang Maha Mulia berfirman dalam QS. Ar-Ra’d: 22 yaitu:

“Dan orang-orang yang sabar karena mencari keredhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik).”

Oleh karena itu, perlu juga meneladani sikap Nabi Ibrahim AS dalam menunggu ketetapan dari Allah bagi sesuatu permohonan yang dimintanya yang kemudian dikabulkan, seperti yang tersebutkan dalam QS. Ibrahim: 39 yaitu:

“Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan kepadaku di hari tua (ku) Ismail dan Ishaq. Sesungguhnya Tuhanku, benar-benar Maha Mendengar (memperkenankan) do’a.”






Title: Bersabar dalam Menunggu Ketetapan Allah; Written by AMH; Rating Blog: 5 From 5

No comments:

Post a Comment